PCA1003_30310014_JOURNAL 2
Kamis, 21 Oktober 2010 by Desti Andriani in

Analisi Hasil Praktikum

gambar motherboard
ini adalah gambar suatu perangkat hardware yang dkenal dengan nama motherboard.Pada hari kamis yang lalu kami PCA 10-03 melakakukan praktikum dengan kakak asdos,yang mana kami praktikum untuk mengenal motherboard sebagai perangkat hardware dari komputer.


motherboard itu adalah salah satu komponen hardware pada komputer yang menyambungkan dengan komponen lain dari sistim berkomunikasi.Motherboard ini adalah komponen utama dari CPU yang lebih dikenal sebagai papan induk.isi dari bagioan motherboard yang kami pelajari adalah:konektor keyboard,port paralel,socket memory,socket power suplay,socket  atau slot prosesor,socket floppy Disk,socket hardware.



Pengertian BIOS
BIOS, singkatan dari Basic Input Output System, dalam sistem komputer IBM PC atau kompatibelnya (komputer yang berbasis keluarga prosesor Intel x86).


fungsi BIOS:
1.    Inisialisasi (penyalaan) serta pengujian terhadap perangkat keras (dalam proses yang disebut dengan Power On Self Test, POST)
2.    Memuat dan menjalankan sistem operasi
3.    Mengatur beberapa konfigurasi dasar dalam komputer (tanggal, waktu, konfigurasi media penyimpanan, konfigurasi proses booting, kinerja, serta kestabilan komputer)
4.    Membantu sistem operasi dan aplikasi dalam proses pengaturan perangkat keras dengan menggunakan BIOS Runtime Services.
BIOS menyediakan antarmuka komunikasi tingkat rendah, dan dapat mengendalikan banyak jenis perangkat keras (seperti keyboard). Karena kedekatannya dengan perangkat keras, BIOS umumnya dibuat dengan menggunakan bahasa rakitan (assembly) yang digunakan oleh mesin yang bersangkutan.
Istilah BIOS pertama kali muncul dalam sistem operasi CP/M, yang merupakan bagian dari CP/M yang dimuat pada saat proses booting dimulai yang berhadapan secara langsung dengan perangkat keras (beberapa mesin yang menjalankan CP/M memiliki boot loader sederhana dalam ROM). Kebanyakan versi DOS memiliki sebuah berkas yang disebut “IBMBIO.COM” (IBM PC-DOS) atau “IO.SYS” (MS-DOS) yang berfungsi sama seperti halnya CP/M disk BIOS.



                                                                       gambar Bios


Tipe Bios                               
BIOS,Phoenix Technologies,Phoenix BIOS,Phoenix-Award BIOS,AMI BIOS.
BIOS juga sering disebut sebagai ROM BIOS karena pada awalnya BIOS disimpan dalam chip memori hanya baca (ROM) dalam motBIOS telah lama digunakan dalam industri PC, yakni semenjak IBM PC dirilis pada tanggal 21 Agustus 1981. Karena BIOS masih berjalan pada modus real (real-mode) yang lambat, maka para desainer PC bersepakat untuk mengganti BIOS dengan yang lebih baik dari BIOS yaitu EFIherboardhttp://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTFaTEnZkGN7LX9aYGZVCKbrQi8n35PT9vcCROXlepDWbys3X4&t=1&usg=__nIV7WUaABcRj1W6DZnKWNeVNhtI=.Bios jg dapat menghapus pasword yang dpakai oleh semua tipe bios.
BIOS








Setelah kami praktikum ini kami bisa mengenal berbagai macam komponen dari hardware itu sendiri,khususnya bagi saya.saya bisa mengetahui lebih lanjut mengenai semua komponen yang ada di dalam motherboard itu sendiri dan saya dapat melihat secara lansung bentuk dan cara pemasangannya.dan bisa mengetahui seri-seri motherboard yang terbaru.

cara pemasangan prosessor

http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTFaTEnZkGN7LX9aYGZVCKbrQi8n35PT9vcCROXlepDWbys3X4&t=1&usg=__nIV7WUaABcRj1W6DZnKWNeVNhtI=

Posting Komentar